Cabor Bela Diri Tetap Jadi Unggulan Sumut Dulang Medali di PON

  • Bagikan
Wakil Ketua KONI Sumut Prof Agung Sunarno saat menjadi narasumber pada Pelatihan Liputan Menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut yang digelar SIWO PWI Sumut di Aula Gedung KONI Sumut, Jalan Willem Iskandar, Medan, Selasa (25/7/2023). beritasore/Endang Susanto

MEDAN (Berita): Cabang cabang olahraga bela diri dan perorangan tetap menjadi unggulan Sumatera Utara untuk mendulang medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KONI Sumut Prof Agung Sunarno saat menjadi narasumber pada Pelatihan Liputan Menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut yang digelar SIWO PWI Sumut di Aula Gedung KONI Sumut, Jalan Willem Iskandar, Medan, Selasa (25/7/2023).

Sejumlah cabang olahraga bela diri dan perorangan yang menjadi unggulan tersebut diantaranya wushu, tinju, karate, sambo , tarung drajat, gulat dan pencak silat.

Dalam beberapa PON terakhir cabang beladiri memang menjadi menjadi penyumbang emas bagi kontingen Sumatera Utara.

Pada PON di Papua, dari 10 emas Sumut sebagain besar diraih dari cabang olahraga bela diri Wushu, tarung drajat, karate, tinju dan dari atletik, sementara di PON Jawa Barat dari 16 emas Sumut, juga sebagian besar disumbang dari beladiri Wushu, karate serta gulat.

“Tentunya berdasarkan pengalaman raihan emas di sejumlah PON itu, kita berani menyebutkan bahwa cabor unggulan kita adalah cabor bela diri dan perorangan.

Apalagi dari 34 cabor yang dipertandingkan di Sumut nanti, 15 diantaranya adalah cabor bela diri,” katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa pelaksanaan PON mendatang tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Sebab, ada permintaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar PON digelar ketika dia masih menjabat.

“Kita mengutip yang disampaikan Menpora bahwa sampai hari ini Presiden Jokowi ingin PON dia (Jokowi) yang membuka,” ujarnya.

Diakuinya sempat ada keraguan PON 2024 akan sulit terlaksana karena saat bersamaan ada agenda politik.

“Sehingga tentang tahun 2024, walaupun kita tahu sendiri tahun 2024 itu adalah tahun politik. Olahraga akan tetap berjalan dimasa Presiden Jokowi,” tuturnya.

Berdasarkan jadwal yang ada, kata dia, pembukaan akan dilakukan di Provinsi Aceh. Sedangkan penutupan di Sumut.

“Tidak ada keraguan bagi kita mundur atau tidak mundur, kita memastikan bahwa persiapan PON akan dibuka 8 September 2024 di Aceh dan penutupan di Sumut,” katanya.(edr).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *