Bisnis Menjanjikan, Kades Manis Setiap Hari Perah 9 Liter Susu Kambing Etawa

  • Bagikan
Kades Manis Supian menunjuk Kambing Etawa. (Berita Sore/Paimin)
Kades Manis Supian menunjuk Kambing Etawa. (Berita Sore/Paimin)

 

ASAHAN (Berita) : Di sela sela kesibukan sebagai kepala Desa Supian Kepala Desa Manis, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan memiliki usaha sampingan susu kambIing perah keturunan Etawa.

Populasi kambing etawa dan kambing domba seta jenis kambing lainnya milik Supian sendiri ada lebih kurang 60 ekor, tetapi 30 ekor diantaranya adalah kambing etawa yang dimilikinya sejak dua tahun lalu. Hanya yang produktif bisa diambil susunya dari kambing etawa sebanyak 11 ekor. Perharinya bisa menghasilkan 9 liter susu murni atau menjadi 45 botol kemasan botol plastik yang isinya rata-rata 200 ml.

” Harga perbotol Rp 10.000, untuk perbulan bisa meraih hasil mencapai Rp 12 juta, potong upah pekerja dan biaya pakan berkisar Rp, 3,5 juta. Sisanya itulah yang jatuh ke tangan istri. Kalau hanya mengandalkan gaji kepala desa untuk kebutuhan rumah tangga jelas tidaklah cukup ” ucap Supian.

Menurut Supian, manfaat susu kambing etawa juga cukup baik untuk kesehatan, karena di dalam susu kambing etawa terdapat berbagai kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti fosfor, kalsium, sodium, dan flourin. Bahkan, susu ini disebut-sebut memiliki nutrisi yang hampir setara dengan ASI.

Supian juga mengatakan, kambing perah Etawa air susunya bisa dikonsumsi manusia sebagai bahan obat obatan herbal, untuk ukuran badanya bisa mencapai dua kali lipat kambing jawa biasa dan untuk harga peranakan yang masih usia empat bulan bisa mencapai tiga jutaan.

Selain itu, kata Supian, kambing etawa ini makannya tidak rumput biasa, tetapi rumput yang mengandung protein tinggi seperti rumput pakchong dicampur dengan makanan yang bergiji untuk memperlancar air susu yang juga dapat mengurangi bau prengus pada susu kambing ” ungkapnya.

Lanjut Supian mengatakan, mamafaat susu kambing etawa tidak kalah dengan susu sapi, karena di dalamnya banyak mengandung nutrisi, dan susu kambing etawa ini juga cukup baik untuk kesehatan, bahlan susu perah kambing etawa ini memiliki nutrisi yang hampir setara dengan ASI ” ungkap Supian.

” Saya berharap masyarakat khususnya krpada warga saya bisa meniru apa yang saya lakukan agar bisa menambah penghasilan, di bandingkan dengan beternak kambing biasa lebih menjanjikan ternak kambing etawa ” pungkasnya. (min)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *