Tata Kelola SDM Aparatur Untuk Mendukung Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Handal

  • Bagikan
Foto: Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar AP, saat mengambil Sumpah dan melantik pejabat fungsional pada Pemerintah Aceh di Aula BKA, Banda Aceh, Jum'at (10/3). (Foto: Zafrullah)
Foto: Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar AP, saat mengambil Sumpah dan melantik pejabat fungsional pada Pemerintah Aceh di Aula BKA, Banda Aceh, Jum'at (10/3). (Foto: Zafrullah)

 

BANDA ACEH (Berita): Dalam rangka mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi dan upaya pendayagunaan aparatur pemerintah yang handal dan berkualitas, maka penataan terhadap sumber daya manusia aparatur mutlak harus dilakukan.

Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar AP, saat membacakan sambutan Penjabat Gubernur Aceh, pada acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan dalam Jabatan Fungsional Pada Pemerintah Aceh, di Aula Badan Kepegawaian Aceh, Jum’at (10/3).

“Penataan tersebut dimaksudkan agar setiap organisasi Pemerintah memiliki dukungan aparatur yang mampu dan cakap dalam melaksanakan tugas. Dengan demikian, upaya mewujudkan SDM aparatur yang berkualitas dan berkeahlian akan cepat terwujud, sehingga kinerja birokrasi semakin handal dan berkualitas,” ujar Iskandar.

Dalam sambutannya, Iskandar juga menjelaskan, saat ini Pemerintah Aceh melalui dukungan SKPA dan instansi terkait, giat mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi para aparatur. Penataan organisasi pemerintahan juga terus dilakukan agar kinerja aparatur semakin meningkat.

“Terkait pelantikan ini, dapat saya sampaikan, bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya kita mewujudkan birokrasi yang berkualitas. Saudara-saudari sekalian yang dilantik hari ini, dalam jabatan fungsional, merupakan sosok atau figur yang dinilai memiliki keahlian maupun keterampilan untuk menduduki jabatan fungsional tersebut,” kata Iskandar.

Iskandar menjelaskan, jabatan fungsional pada dasarnya adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang PNS dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.

“Penetapan jabatan fungsional, memiliki setidaknya empat tujuan, yaitu Peningkatan Produktivitas Kerja PNS, Peningkatan Produktivitas Unit Kerja, Peningkatan Karier PNS, dan Peningkatan profesionalisme PNS. Empat hal inilah yang mendasari dilaksanakannya pelantikan pada sore hari ini,” imbuh Iskandar.

Kepada para pejabat fungsional yang dilantik hari ini, Iskandar mengingatkan agar terus meningkatkan semangat dan prestasi kerja atas dasar kemampuan yang dimiliki, dengan selalu mengupayakan penyempurnaan dan perbaikan, sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal.

“Jagalah diri agar tidak terjebak dalam sebuah situasi yang dapat merugikan Pemerintah Aceh, yang secara psikologis akan berpengaruh terhadap kurang baiknya pencapaian kinerja. Penunjukan ini telah didasari pada kemampuan dan kapasitas yang Saudara saudari miliki, disamping telah terpenuhinya kriteria kompetensi, profesionalisme dan integritas terhadap tugas yang dijalankan selama ini,” kata Iskandar.

Dengan terpenuhinya kriteria tersebut, Iskandar optimis para pejabat yang dilantik hari ini dapat melakukan pengabdian yang terbaik bagi masyarakat Aceh.

“Teruslah berupaya meningkatkan prestasi dan kinerja, guna menjalankan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini. Selamat kepada para Pejabat Fungsional yang baru dilantik. Semoga segala upaya dan kerja keras kita dalam meningkatkan SDM Aparatur Pemerintahan di Aceh, senantiasa mendapat ridha dan rahmat dari Allah,” pungkas Iskandar.

Hari ini, sebanyak 24 ASN disumpah dan dilantik oleh Iskandar atas nama Gubernur Aceh, dan akan bertugas di Inspektorat, Bappeda, Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Dinas Pangan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. (b03)

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *