SLB TNCC Banda Aceh Wisuda Siswa Disabilitas

  • Bagikan
 SLB TNCC menggelar wisuda angkatan ke -3 berlangsung di Aula Dinas Syariat Islam (DSI) Banda Aceh, Sabtu (26/08/23). (Foto:T.Mansursyah)
 SLB TNCC menggelar wisuda angkatan ke -3 berlangsung di Aula Dinas Syariat Islam (DSI) Banda Aceh, Sabtu (26/08/23). (Foto:T.Mansursyah)

BANDA ACEH (Berita); Sekolah Luar Biasa The Nanny Children Center (SLB TNCC) Banda Aceh menggelar wisuda siswa disabilitas angkatan ke-3 tahun ajaran 2022/2023, di Aula Dinas Syariah Islam, Banda Aceh, Sabtu, (26/08/ 2023).

Kepala SLB TNCC, DM Ria Hidayati, S.Psi, M.Ed dalam sambutannya mengatakan, wisuda siswa SLB TNCC adalah level apresiasi tertinggi bagi siswa istimewa atas perjuangan enam tahun belajar di SDLB TNCC.

“Wisuda kali ini pun sangat berbeda, karena dengan bangga SLB TNCC meluluskan tujuh siswa yang salah satu diantaranya dapat melanjutkan ke sekolah reguler, yaitu SMPIT atas nama Wan Raziqi Ansyahra dengan ketunaan autis,” ujarnya.

Ria Hidayati menjelaskan, pada tahun 2024 yang akan datang, akan ada lulusan dua jenjang sekaligus yaitu SDLB dan SMPLB TNCC, yang tentu saja akan menambah kemeriahan wisuda.

“Selain prosesi seremonial kegiatan wisuda juga disemarakkan dengan adanya gelar karya projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai salah satu program unggulan sekolah penggerak dalam bentuk penampilan di panggung, seperti musikalisasi lagu dan puisi, Q&A matematika, dan tampilan massal,” katanya.

Ria Hidayati berharap, pelaksanaan wisuda bagi siswa istimewa menjadi momen yang mengingatkan kesetaraan mereka dengan siswa reguler yang harus mendapatkan apresiasi serupa dari pemerintah. Kiranya pemerintah ke depan semakin serius memfasilitasi semua anak, agar terpenuhi hak-hak mereka secara baik.

Ketua panitia kegiatan wisuda, Wahyu Afriyola, S.Pd mengatakan, lulusan yang diwisuda kali ini berjumlah tujuh orang dengan jenis ketunaan autis, tuna rungu, dan tunagrahita.

Adapun, peserta yang terdaftar pada acara ini berjumlah 250 orang, yang terdiri atas undangan Dinas Pendidikan Aceh, Yayasan Rumah Kita Indonesia (YRKI), mitra kerja SLB TNCC, orang tua asuh, serta orang tua siswa, ujarnya.

Wahyu Afriyola menambahkan, wisuda tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, selain mengusung tema “ransformasi nilai Pancasila melalui keberagaman pada anak berkebutuhan khusus” juga diadakan penampilan lagu dan koreo pelajar Pancasila oleh siswa SLB TNCC.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kata Wahyu Afriyola, bazar yang dipamerkan tahun ini termasuk hasil karya projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) yang dibuat oleh anak anak yang dibimbing oleh guru masing-masing, namun juga memamerkan hasil karya guru dan siswa.

Wisuda ke-3 SLB TNCC tahun 2023 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh yang diwakili Kepala Tekkomdik T. Fariyal, S.Sos, MM. Dia mengapresiasi SLB TNCC yang mengadakan wisuda bagi lulusannya yang berkebutuhan khusus.

“Ini baru sekolah pertama yang mengadakannya di Aceh. Kami berharap SLB TNCC dapat terus menciptakan program yang inovatif dan kreatif dalam mendidik siswa berkebutuhan dengan level yang terus meningkat setiap waktu,” pungkas. (b02)

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *