DPR-K Agara Damai Ditempat?

  • Bagikan
Ket Potho : PJ Bupati Agara Syakir tampak akrab dengan wakil ketua DPRK Jamudin Selian.Cs dalam acara jamuan makan siang bersama usai mengikuti pembukaan Sidang Paripurna masa sidang III tahun/2023 tentang LPP APBK/2022.Kamis (27/7)
Ket Potho : PJ Bupati Agara Syakir tampak akrab dengan wakil ketua DPRK Jamudin Selian.Cs dalam acara jamuan makan siang bersama usai mengikuti pembukaan Sidang Paripurna masa sidang III tahun/2023 tentang LPP APBK/2022.Kamis (27/7)

 

BABUSSALAM (Berita): Perseteruan Jamudin.Cs Wakil Ketua DPR-Kabupaten Aceh Tenggara dengan Ketua DPRK Denny F Roza dan Upaya Pemakzulan PJ Bupati diduga berakhir damai ditempat.

Indikasi perdamaian antara Jamudin Selian.Cs Vs Denny F Roza terlihat jelas pada Senin (27/7) DPRK Agara telah menggelar rapat Paripurna masa sidang III tahun 2023. Tentang pembahasan Raqan Pelaksanaaan Pertanggung Jawaban APBK/ 2022.Dipimpin langsung Wakil Ketua Jamudin Selian (Politisi Hanura Agara) berjalan lancar.

Sebelumnnya gelaran Rapat Paripurna ini sempat gagal karna dinilai tidak sesuai dengan Kontitusi dan Tatib DPRK Agara.

Ketua DPRK Deni Febrian Roza tidak ikut hadir dalam Rapat Paripurna yang langsung digelar pada ruang Paripurna Sekertariat Dewan setempat.

Kali ini Pj Bupati Agara Syakir didampingi Sekda Yusrizal Asisten , Kepala OPD, Camat, Unsur Forkompimda dan tamu undangan lainnya tampak mengisi ruangan tersebut.

Dalam pidato nota pengantarnya.Pj Bupati menyampaikan kepada puluhan Anggota Dewan atas nota pertanggung jawaban Pelaksanaan APBK/2022, terdiri dari laporan realisasi anggaran.

Pada laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, operasional, arus kas, perubahan Ekuitas dan catatan atas laporan keuangan.

Syakir meminta kepada anggota dewan untuk memberikan pandangan dan masukan, untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Pemerintah daerah dalam memberi layanan kepada Masyarakat.

Dalam penjabaran realisasi APBK/2022, Diantaranya, Pendapatan Asli Daerah terealisasi sebesar Rp 1.225.703.977.487,90 Triliun dari Target APBK senilai Rp1.277.626.530,00, terealisasi diangka 95,94 Persen.

Target PAD senilai Rp48.951.381.500, Miliar terealisasi Rp34.274.485.677,06,M Pendapatan Transfer Pemerintah Pusat direncanakan Rp731.878.367.641, 00,M dan rencana Pendapatan Transfer Pemerintah Provinsi sekitar Rp127.745.173.968,84,Miliar terealisasi Rp265.892.419.000,00,M serta pendapatan lain-lain dan Pendapatan Riil yang masuk ke rekening kas umum daerah sebesar Rp 855.692.585.994,90,M sedangkan sisanya senilai Rp370.011.391.493,00.M. Kata Syakir dalam pidato pengantarnya.

Sebelum nya dalam pidato pembukaan rapat paripurna DPRK Agara Jamudin Selian menyampaikan pelaksanaan rapat berlangsung hingga (31/7) mendatang.

Ketua DPRK Denny F Roza saat dikonfirmasi Berita Kamis Malam (27/7) mengatakan dirinya tidak hadir karna tengah berada di Kota Medan, melayat ketempat keluarga dekatnya.

“Wass bukan bg, denny lagi di medan krn mame ngah ( adik mamak kandung) meninggal di medan” Kata Denny Membenarkan rapat Paripurna masa sidang III tahun 2023. Tentang pembahasan Raqan Pelaksanaaan Pertanggung Jawaban APBK/ 2022 bukan rapat Ilegal.

Terkait indikasi perdamaian sudah terjadi antara Jamudin Selian.Cs Vs Denny F Roza atas perseteruan surat mosi tidak percaya kepada pimpinan DPRK dan surat Upaya Pemakzulan PJ Bupati Agara dan ancaman mogok kerja.

Insiden politik Agara itu, diduga kuat buntut adanya surat rekomendasi KASN atas pergantian sekda (An.MHD Ridwan), cerminan itu langsung tertuang dalam surat dukungan mempertahankan jabatan sekda oleh 23 Anggota Dewan yang dipelopori Jamudin Selian, kini mulai tercium, namun Ketua DPRK Denny tidak menjawab.

Wakil Ketua DPRK Jamudin Selian Menjawab Berita Kamis malam (27/7) via Ponselnya, mengatakan belum ada Perdaimaian atas kejadian Mosi tidak percaya yang tengah bergulir.

Rapat Paripurna DPRK atas LPP APBK/2022 murni untuk kepentingan daerah dan jadwal ini wajib kita jalankan, karna sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan dan Tatib DPRK Agara kata Jamu.

Kebetulan Ketua DPRK berhalangan hadir, tengah berada diluar daerah, ini bukan masalah ijin pimpinan , tahapan ini harus kami jalankan sesuai amanah kontitusi.

Belum ada perdaiman atas sikap Mosi tidak percaya kepada Pimpinan Dewan dan upaya Pemakzulan Syakir Kata Jamu,karna surat itu belum kami tarik kembali.

Rapat ini berjalan sesuai dengan keputusan Bamus atas kesepakatan kolektif Kolegial antara esekutif dan legeslatif, murni tujuan kami untuk penyelamatan Negeri Kata JS.

Ia meminta kepada semua pihak untuk tidak memperkeruh suasana, untuk pembicaraan menuju perdamaian, belum ada arah kesana kata Jamu menenangkan.Dari ujung telponnya.

Dalam agenda rapat Paripurna LPP APBK/2022 akan digelar rapat kerja komisi dan pandangan umum anggota Fraksi atas jawaban bupati,serta rapat gabungan komisi, pandangan akhir fraksi, serta melakukan penanda tanganan persetujuan bersama antara Pimpinan DPRK dengan PJ Bupati Agara.

Jum’at siang (28/7) dari keterangan Wakil Ketua DPRK Agara Jamudin Selian kepada Berita mengatakan, hari ini rekan dewan lainnya tengah melakukan kunjungan kerja saja.Senin (31/7) rapat kembali kita gelar Kata Jamu singkat dalam keterangan persnya via sambungan telpon pribadinya.(aie)

 

 

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *