Dinkes: Jangan Ada Lagi Stigma dan Diskriminasi Pada ODHA

  • Bagikan

 

LHOKSEUMAWE ( Berita ) : Dinas Kesehatan ( Dinkes ) Kota Lhokseumawe, mengajak masyarakat agar jangan ada lagi stigma dan diskriminasi pada Orang Dengan HIV/AIDS ( ODHA ), serta butuh peran dari semua pihak untuk mencegah penyakit tersebut.

Kepala Dinkes Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar mengatakan, hal yang penting untuk dilakukan adalah mendorong setiap orang mengetahui status HIV pada dirinya, dengan cara melakukan tes HIV, serta segera melakukan pengobatan ARV bagi ODHA.

“Kita juga mengharapkan agar stigma dan diskriminasi terhadap ODHA bisa menurun dan bahkan bisa hilang. Butuh peran dari semua pihak agar bisa mencegah penyakit tersebut,”harap dr. Said Alam Zulfikar.

Kepala Dinkes Kota Lhokseumawe menambahkan, Saat sekarang ini memang pihaknya fokus pada pada penanganan Covid-19, namun pada saat yang sama pihaknya juga harus terus melakukan upaya penanganan untuk masalah kesehatan lainnya seperti kasus HIV/AIDS.

Dirinya juga berharap dalam rentang waktu tersebut agar bisa dimanfaat sebaik mungkin oleh seluruh kalangan masyarakat, sehingga bisa berdampak terhadap kesehatan dan kesejahteraan penduduk di wilayah Kota Lhokseumawe, lanjut dr. Said Alam Zulfikar,

“Penguatan kolaborasi harus dilakukan dengan semua pihak termasuk pemerintah pusat, daerah, swasta dan seluruh masyarakat, sehingga upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS ke depan bisa terselesaikan,” katanya.

Begitu juga sambung, dr. Said Alam Zulfikar, warga Kota Lhokseumawe juga bisa melakukan pemeriksaan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di puskesmas – puskesmas setempat.

Pemeriksaan HIV/AIDS tersebut, bisa dilakukan di Puskesmas Muara Dua dan Muara Satu, serta Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe. “Jadi, Puskesmas Muara Dua, dan Muara Satu memiliki layanan untuk melakukan pemeriksaan HIV/AIDS, begitu juga di Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe, terang Kepala Dinkes Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar. ( M. Daud – Lhokseumawe )

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *