Wagubsu Pimpin Peringatan HUT Tapsel Ke-70 Tahun

  • Bagikan
Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun Kab.Tapanuli Selatan ke- 70 Tahun yang diselenggarakan di Lapangan Parade Perkantoran Pemkab Tapsel, jalan Lafran Pane Kec.Sipirok, Selasa (24/11). Beritasore/Birong RT
Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun Kab.Tapanuli Selatan ke- 70 Tahun yang diselenggarakan di Lapangan Parade Perkantoran Pemkab Tapsel, jalan Lafran Pane Kec.Sipirok, Selasa (24/11). Beritasore/Birong RT

TAPSEL (Berita) : Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun Kab.Tapanuli Selatan ke- 70 Tahun yang diselenggarakan di Lapangan Parade Perkantoran Pemkab Tapsel, jalan Lafran Pane Kec. Sipirok, Selasa (24/11).

Amanat Gubernur Sumut, yang disampaikan Wagubsu, Musa Rajekshah dalam sambutannya ialah, mengajak seluruh lapisan masyarakat Tapsel supaya menjadikan peringatan hari ulang tahun Tapsel sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas dinamika perjalanan pembangunan sejak berdirinya Kabupaten Tapsel.

“Pembangunan di Tapsel ini tidak terlepas dari peran serta kepala daerah, pimpinan dan anggota DPRD Tapsel serta para pejuang, perintis dan pendiri Pemkab Tapsel,” ujar Wagubsu.

Selain itu, Gubsu juga mengajak sekuruh lapisan masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini, supaya terus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan menjalankan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumut terutama di Tapsel.

“Alhamdulillah, penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Utara berjalan baik. Satuan tugas (Satgas) melaksanakan kinerjanya secara maksimal.

Tercatat angka kesembuhan di Sumatera Utara mencapai 82,45%. Naik 0,61 poin dibandingkan bulan sebelumnya. Dan kita terus berupaya mengejar angka kesembuhan rata-rata nasional diangka 84%,” jelasnya.

Mengenai Pilkada Tapsel yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020, pihaknya menekankan kepada masyarakat Tapanuli Selatan supaya dapat menciptakan suasana Pilkada yang aman, damai, lancar dan kondusif dan menghasilkan Pemimpin yang dapat melanjutkan Pembangunan Tapsel.

Sementara Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kedatangan Wagub Sumut Musa Rajekshah dan para tamu undangan lainnya dalam peringatan Hari Jadi ke-70 Kabupaten Tapsel.

Tapsel Kabupaten Induk

Syahrul menjelaskan, Tapsel merupakan kabupaten induk di Tabagsel dan telah melahirkan 3 Kabupaten dan 1 Kota, pertama pada tahun 1998 Tapsel telah melahirkan anak pertama yakni, Kabupaten Mandailing Natal.

Kemudian tahun 2001, Kota Padangsidimpuan tahun 2007 melalui UU No. 37 dan 38, Kabupaten Padang Lawas Utara dan Kabupaten Padang Lawas.

” Atas perintah dari UU No. 37 dan 38 itulah dinyatakan bahwa Ibukota Tapsel harus sudah pindah ke Sipirok delapan belas bulan sejak UU tersebut diundangkan atau saat Periode Pertama Kami dilantik kurun waktu tersebut sudah terlampaui selama sembilan belas bulan,” ujar Syahrul.

Peringatan Hari ulang tahun Tapsel mengusung tema “Dengan Semangat Hari Jadi ke-70 Kita Rajut Kebersamaan Membangun Tapanuli Selatan Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera,” yang dirangkaikan dengan penyerahan pertapakan Mess Provinsi Sumut di areal lebih dari 1,2 hektare, yang dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng.

Turut hadir, Anggota DPR RI Komisi XI Gus Irawan Pasaribu, Anggota DPRD Provsu Syamsul Qamar Nasution dan Irham Buana Nasution, Walikota PSP Irsan Efendi Nasution, Wabup Tapsel Aswin Efendi Siregar, Forkopimda Tapsel, Mantan Ketua Majelis Wali Amanat USU Panusunan Pasaribu,Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Ketua DPRD PSP Siswanto, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, Sekda Tapsel Parulian Nasution, pimpinan DPD Golkar Sumut, pimpinan OPD, Kabag, Ketua MUI Tapsel, Ketua IPHI Tapsel, PKK Tapsel , tokoh adat, tokoh agama, dan seluruh OKP dan Ormas. (Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan