Polres Tanjungbalai Lakukan Patroli Perairan TBA

  • Bagikan
Pemeriksaan dokumen kapal dan barang bawaan kapal nelayan Tanjungbalai. Beritasore/ist
Pemeriksaan dokumen kapal dan barang bawaan kapal nelayan Tanjungbalai. Beritasore/ist

Tanjungbalai ( Berita) : Sat. Polair Polres Tanjungbalai  melakukan patroli di Perairan Tanjungbalai Asahan ( TBA ), Sabtu (3/10/2020)  menggunakan Kapal Patroli KP. II-1023 Diawaki Team Regu III.

Bripka Tuharno dan Bripka Agus R. Tanjung di perairan Tanjungbalai Asahan melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal yang mengangkut TKI dan kapal yang diduga membawa barang ileg  yang dilarang keluar & masuk perairan Tanjungbalai Asahan.

Kapolres Tanjungbalai AKBP. Putu Yudha Prawira, Sik. MH saat dikonfirmasi Wartawan melalui Kabag Humasnya, Iptu. A. Dahlan Panjaitan, mengatakan patroli pengawasan ini rutin dilakukan dalam 1 X 12 jam, di Perairan Tanjungbalai Asahan ( TBA ).

Pengawasan dimulai pukul 02.00 Wib, Awak KP. II-1023 melakukan istirahat lego jangkar dikoordinat. N 2° 59′ 11.2668″ E 99° 51 42.4008″ sekaligus melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal yang mengangkut TKI dan kapal yang diduga membawa barang ilegal atau barang yang dilarang keluar & masuk Perairan Tanjungbalai.

Pada saat jam rawan sekira pukul 03. 30 wib, KP. II-1023 melakukan pengejaran satu unit kapal yang datang dari arah laut dengan diposisi/koordinat : N 2° 59′ 12.8148″ E 99° 51′ 20.88″ Kapal tersebut dapat dihentikan,  sebelum melakukan pemeriksaan terhadap muatan kapal, Petugas patroli melakukan pemeriksaan Suhu Tubuh Awak kapal. Km Surya Baru ATG. GT. 18 No. 3272/PPb yang dinakhodai oleh Syahrial dengan menggunakan alat Termo Scan, namun suhu tubuh dalam keadaan batas normal.

Sementara kapal KM. Surya Baru GT.18 No.3272/PPb yang dinakhodai oleh Syahrial datang dari laut tujuan Tanjungbalai dalam pemeriksaan dokumen kapal : Lengkap Jlh Abk / penumpang : 12 orang,  Muatan kapal berupa piber berisi ikan dan jaring dan tidak ada ditemukan barang – barang yang ilegal atau terlarang yang melanggar hukum.

Usai pemeriksaan petugas melaksanakan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru tentang pencegahan Covid-19, Kepada awak kapal nelayan Kota Tanjungbalai,  Agar tetap mengikuti perkembangan Covid-19, sekaligus imbauan Pemerintah dan menjalankan Protokoler Kesehatan.

Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan Menggunakan Sabun dengan Air Mengalir, Hindari Kerumunan dan Menerapkan Pola hidup bersih sehat Agar tetap menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan serta Rajin mencuci tangan dengan sabun dengan Air Mengalir.

Apabila akan berlayar agar selalu Periksa mesin, kelengkapan kapal dan melengkapi dokumen kapal sebelum berlayar, dalam pelayaran utamakan  keselamatan dengan cara melengkapi alat-alat keselamatan berlayar seperti Jaket Pelampung dan Ring boy, APAR dan Kotak P3K. (syn )

Berikan Komentar
  • Bagikan