Kunker Staf Khusus Kemenkes RI Tinjau RSUD Kab.Batubara

  • Bagikan
Kunker Staf Khusus Kemenkes RI Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan Brigjen TNI (Purn) Dr. Alexander Kaliaga Ginting Suka Sp.P, F.C.C.P, di Rumah Dinas  Bupati Batubara  Di Tanjung Gading Kec. Sei Suka, Rabu (7/10/2020). Beritasore/Alirsyah 
Kunker Staf Khusus Kemenkes RI Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan Brigjen TNI (Purn) Dr. Alexander Kaliaga Ginting Suka Sp.P, F.C.C.P, di Rumah Dinas  Bupati Batubara  Di Tanjung Gading Kec. Sei Suka, Rabu (7/10/2020). Beritasore/Alirsyah 

Batu Bara (Berita) : Kunjungan kerja Staf Menteri Kesehatan RI Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan Brigjen TNI (Purn) Dr. Alexander Kaliaga Ginting Suka Sp.P, F.C.C.P ke Batubara meninjau RDUD Batubara disambut Bupati Batubara Ir. H. Zahir M.AP, Kadis Kesehatan Provinsi Sumut dr. Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes,Direktur RSUD Batubara dr. Guruh Wahyu Nugroho, Pimpinan OPD diaula Rumdis Rabu (07/10/2020).

Dalam sambutan Bupati Batubara Ir. Zahir M.AP mengucapkan selamat datang kepada Staf Kemenkes RI, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan jajaran di Kab. Batubara.

Pemkab. Batubara mengucapkan terimakasih telah datang dan memperhatikan masyarakat Batubara khususnya dibidang kesehatan, terlebih di masa wabah Pandemic Covid-19.

Ada dua upaya yang sedang dan telah dilakukan pemkab Batubara dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19 di berbagai aspek, diantaranya aspek kesehatan, social, dan ekonomi.

Dalam aspek kesehatan dengan melakukan upaya dan perlindungan kesehatan seperti pembagian masker, handsanitizier, sosialisasi protocol kesehatan kepada masyarakat dan yang baru ini telah mendatangkan mobil PCR.

Kemudian aspek social telah dilakukan program Sosial Safet Net (Bantuan Sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19), aspek ekonomi dengan melakukan penguatan ketahanan pangan melalui pemberian stimulus terhadap sector pertanian, peternakan, perikanan ,kelatuan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM).

Sesuai dengan instruksi Presiden No.6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, ujar Bupati Zahir.

Kadis kesehatan Batubara dr. Wahid dalam pidatonya mengatakan kunjungan Staff khusus Kemenkes RI merupakan suatu kehormatan bagi kami pemkab Batubara khususnya Dinas Kesehatan.

Penyebaram Covid-19 di kabupaten Batubara terbilang masih rendah, Dinas Kesehatan telah berupaya menyiapkan pencegahan dan pengobatan dalam penanganan Covid-19, guna untuk memutus mata rantai penyebarannya.

Seperti menyediakan UPT Puskesmas di tiap kecamatan, peningkatan tenaga ahli medis dan melengkapi peralatan medis baik di puskesmas hingga RSUD.

Sedangkan Staff Khusus Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan Brigjen TNI (Purn) Dr. Alexander Kaliaga Ginting Suka Sp.P, F.C.C.P memaparkan kehadiran Kemenkes RI bentuk kepedulian khusus yang memperhatikan Batubara oleh pemerintahan Pusat karena akan banyak diadakan proyek strategis nasional disini.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sebenarnya sangat mudah, tetapi harus disiplin dan mempunyai niat yang sungguh-sungguh untuk menghindari  dengan cara tetap menerapkan protocol kesehatan 3M (memakai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak di keramaian).

Untuk obat-obatan Covid-19 sudah banyak tersedia, untuk itu Pemkab. Batubara harus berkoordinasi dengan pemerintahan Pusat sebut Brigjen TNI (Purn) Dr. Alexander Kaliaga Ginting Suka Sp.P, F.C.C.P.

Pantauan Berita Kunker Staf Kemenkes RI dan jajaran didamping Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD langsung meninjau lokasi RSUD Batubara.Staf Khusus Kemenkes RI memaparkan bahwa RSUD telah memenuhi syarat sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dan sebagai rujukan rumah sakit penyakit lain.(als)

Berikan Komentar
  • Bagikan