Khataman Quran Dan Wisuda Tahfidz MAN Binjai

  • Bagikan
Berita Sore/ist Pelaksanaan khataman dan wisuda serta zikir MAN Binjai di lapangan MAN Jalan Pekanbaru, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan Rabu (6/3/2024)

BINJAI( Berita): Khataman Quran kembali digelar Madrasah Aliyah Negeri( MAN) Binjai, Rabu (6/3/2024) di lapangan MAN Jalan Pekanbaru, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan.

Khataman Al-Qur’an dan Wisuda Tahfidzh merupakan kegiatan bersifat wajib peserta didik kelas XII. Khataman dan wisuda Tahfidz diikuti 207 siswa.

Disaksikan oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumatera Utara H Erwin Pinayungan Dasopang, MSi, Kepala MAN Binjai Dra Hj N Cici Mahruliana, MSi, Kakankemenag Kota Binjai Drs H Saparuddin, MA, Kasi Kemenag Kota Binjai Dr Sudirman SE, Analis Kebijakan Ahli Muda Penmad Kanwil Kemenag Sumatera Utara Nursyamsiah, MA, Pengawas Madrasah Kota Binjai Zakiatur Rahmah SAg, MA, Ketua Komite MAN Binjai Rusdianto, Babin Kamtibmas Polsek Binjai Selatan Aiptu M Abdi Tampubolon.

Juga hadir Camat Binjai Selatan Muhammad Fauzi, SIP, Lurah Binjai Selatan Yodi Hutama Sika, para WKM, guru-guru MAN Binjai serta wali murid kelas XII.

Ketua panitia Wasiun menjelaskan kegiatan dihadiri oleh siswa kelas XII . Kegiatan khataman Al-Qur’an ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya yang bertujuan untuk menyelesaikan bacaan Al-Qur’an peserta didik yang dilakukan setiap hari. Aktivitas ini sudah berlangsung selama 3 tahun. Untuk tahun ini dengan tema “Pelaksanaan Khataman dan Wisuda Tahfizh Al- Qur’an, Kita Wujudkan Generasi Qur’ani Menuju Indonesia Emas 2045”.” Ujarnya.

Kepala MAN Binjai Cici Mahruliana mengemukakan khataman Al-Qur’an dan Wisuda Tahfidzh untuk peserta didik kelas XII agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam mengikuti ujian akhir dan rangkaian syarat kelulusan.

Peserta didik MAN Binjai sejak kelas X disaat pagi sebelum memulai pembelajaran, diwajibkan untuk membaca alquran secara bersama-sama.Sehingga ketika kelas XII, mereka tinggal menyelesaikan beberapa juz saja.

Cici mengatakan lkegiatan ini merupakan program keagamaan MAN Binjai yang dilaksanakan setiap tahunnya serta pengaplikasian peserta didik menghapal Al-Qur’an juz 30.

Dengan kegiatan ini Cici berharap peserta didik kelas XII ketika meninggalkan MAN Binjai tetap memelihara dan menjaga hapalannya sampai nanti meninggalkan MAN Binjai bahkann sampai menggapai kesuksesan.

Membaca dan menghapal Al-Quran membuat kita memiliki hati yang tenang serta keselamatan dunia dan akhirat. “Alhamdulillah kita dapat melaksanakan kegiatan ini 100% sebelum memasuki bulan suci ramadhan,”tl tutur Cici.

Kakankemenag Kota Binjai Drs. H. Saparuddin menegakan peserta didik tidak hanya memiliki ilmu yang baik tetapi juga memiliki akhlakhul karimah yang baik. Begitu juga Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumatera Utara H Erwin Pinayungan Dasopang, MSi, menyampaikan program kegiatan madrasah ini luar biasa manfaat nya bagi peserta didik perlunya kerjasamaa antar guru dan orang tua untuk memantau anaknya.

Selain khataman dan wisuda, juga dilaksanakan Zikir dan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz H. Fachrur Rozzi, MA. Kemudian menepung tawari peserta didik Kelas XII dan memberikan piagam kepada peserta didik yang sudah tuntas dalam menghafal.(RR)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *