Ruang Tahanan Lapas Gunungtua Tergenang Air

  • Bagikan
TAMPAK genangan air di Lapas Gunungtua.
TAMPAK genangan air di Lapas Gunungtua.

PALUTA (Berita): Hujan deras yang melanda wilayah Kab. Padang Lawas Utara (Paluta), Rabu (3/6) Sore sampai pukul 22.00 WIB malam, mengakibatkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunungtua dilanda banjir dengan ketinggian 15 sentimeter.

Kalapas Gunungtua, Sangapta Surbhakti mengatakan, pihaknya sedang melakukan pembersihan dan gotong royong bersama penghuni lapas.

“Setiap hujan deras, lapas ini selalu banjir setinggi 15 sentimeter,” katanya, Kamis (4/6).

Dijelaskannya, bagunan lapas seluas satu hektar kerap menjadi langganan banjir dikarenakan posisi bangunan berada dibawah jalan lintas Gunung Tua, P. Sidimpuan serta berada dibawah bangunan disekitarnya.

Sehingga setiap hujan turun, mengakibatkan air masuk dan menggenangi halaman dan seluruh ruangan di dalam lapas.

“Bangunan lapas ini menjadi langganan banjir setiap kali hujan deras turun. Meskipun saluran parit terus kita bersihkan, lokasi ini tetap tergenang air. Itu dikarenakan letak ataupun posisi bangunan rumah tahanan ini berada dibawah paret jalan dan bangunan disekitarnya,” ujarnya.

Lanjut Surbhakti, pihaknya sangat berharap bantuan pemerintah untuk melakukan pembangunan lembaga pemasyarakatan ini.

Pasalnya, apabila terus dibiarkan seperti ini dan terus menjadi langganan banjir dikhawatirkan penghuni rumah tahanan ini akan terancam terserang penyakit.

Terkait jumlah penghuni Lapas Gunung Tua saat ini dan jumlah kapasitasnya, Surbhakti menyebutkan, jumlah penghuni rutan Gunung Tua saat ini sudah penuh.

“Jumlah penghuni lapas ini sudah over kapasitas. Saat ini penghuninya berjumlah 127 orang. Sedangkan maksimal kapasitas penghuninya hanya menampung 60 orang tahanan untuk menempati 13 kamar tahanan,” ungkapnya. (ikh)

Berikan Komentar
  • Bagikan