DMI Sumut Dukung Gelar Pahlawan Nasional Tuan Syekh HM. Arsyad Thalib Lubis

  • Bagikan
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumut Irhamuddin Siregar MA. Beritasore/Ist
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumut Irhamuddin Siregar MA. Beritasore/Ist

MEDAN (Berita): Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Utara mendukung gelar Pahlawan Nasional Republik Indonesia kepada Tuan Syekh HM. Arsyad Thalib Lubis oleh Pemerintah Pusat.

Dukungan tersebut disampaikan oleh pengurus Pimpinan DMI Sumut lewat surat dukungannya yang ditandatangani oleh Ketua DMI Sumut Irhamuddin Siregar MA dan Sekretaris AKBP (Purn) H Sulaiman Hasibuan dikirimkan kepada Presiden Republik Indonesia di Jakarta.

Dalam surat dukungan Nomor :  039/PW.DMI-SU/XI/2020 Medan, tertanggal 20  Nopember  2020,  perihal  :  Dukungan Gelar Pahlawan Nasional Republik Indonesia

Kepada Tuan Syekh HM. Arsyad Thalib Lubis oleh Pemerintah Pusat,  Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW.DMI) Provinsi Sumatera Utara memberikan dukungan sepenuhnya kepada Tuan Syekh Haji Muhammad Arsyad Thalib Lubis (1908-1972) untuk mendapatkan gelar kehormatan Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

Dalam sejarahnya, sebut Irhamuddin Siregar, Tuan Arsyad pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Syariah Daerah Sumatera Timur, Ketua Bagian Kependudukan Pejabat Urusan Agama Provinsi Sumatera Utara, Ketua Bagian Kependudukan Pejabat Urusan Agama Provinsi Sumatera Utara, dan Ketua Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

Irhamuddin menguraikan, adapun pertimbangan Gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada Tuan Syekh Haji Muhammad Arsyad Thalib Lubis yakni beliau adalah seorang ulama kharismatik di Sumatera Utara, pendiri organisasi Al Jam’iyatul Washliyah, faqih yang mujtahid dalam Mazhab Imam Syafi’i.

“Beliau juga dikenal sebagai ulama yang pejuang dan pejuang ulama, mubaligh dan tokoh pendidikan di Sumatera Utara,” jelas Irhamuddin Siregar MA kepada Berita , Sabtu (28/11) di Medan.

Selain itu, tambah Irhamuddin,  beliau telah memberikan kontribusi yang besar dan nyata bagi perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia melalui tulisan tintanya, dakwah lisan keagamaannya dan senjata pendidikan sehingga memberikan andilnya dalam memerdekakan Republik Indonesia.

“Beliau juga adalah tokoh nasionalis agamais, yang dibuktikan dengan ditunjuknya beliau oleh Pemerintah Pusat sebagai Kepala Kantor Departemen Agama Provinsi Sumatera Utara pada tahun 1965,” papar Irhamuddin seraya mengharapkan  Presiden Republik Indonesia segera mengukuhkan Tuan Syekh Haji Muhammad Arsyad Thalib Lubis sebagai Pahlawan Nasional.(att)

Berikan Komentar
  • Bagikan