Kebakaran Hutan Di Seulawah

  • Bagikan
Petugas Damkar BPBD Aceh Besar berusaha melakukan penanganan karhutla yang melanda pegunungan dalam wilayah Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Rabu (25/3). (wspada.id).
Petugas Damkar BPBD Aceh Besar berusaha melakukan penanganan karhutla yang melanda pegunungan dalam wilayah Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Rabu (25/3). (wspada.id).

KOTA JANTHO (Berita): Tiga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di tiga titik berbeda dalam wilayah Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Rabu (25/3). Titik kebakaran lahan itu berada di pegunungan yang menyulitkan petugas damkar melakukan penanganan pemadaman.

Lokasi karhutla pertama terjadi berdekatan dengan Mako Brimoda, dengan luas yang terbakar sekitar satu hektar, kemudian terjadi didepan SPN Saree dengan luas lahan yang terbakar sekitar tiga hektar dan yang ketiga terjadi di atas pegunungan Seunapet.

Petugas Damkar BPBD Aceh Besar pos Saree yang menerima informasi karhutla itu langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penanganan. “Lahan yang terbakar tergolong luas dan sangat sulit ditempuh armada dan areanya berada di pegunungan,” ungkap Farhan AP.

Kalaksa BPBD Aceh Besar ini mengakui petugas damkar pos Saree harus meminta bantuan damkar pos Seulimum untuk menangani karhutla tersebut. Petugas pun, katanya, sempat kewalahan dalam menangani kejadian tersebut karena lokasi yang terbakar berada di area pegunungan dan perbukitan serta tersebar ditiga lokasi.

“Untuk penanganan pertama, petugas melakukan pemadaman dilokasi yang berdekatan dengan Mako Brimob. Sementara dua titik lahan lainnya berjauhan dengan pemukiman warga,” imbuh Farhan yang menyebutkan dalam upaya pemadaman itu melibatkan personil Polri danTNI.

Meskipun begitu, petugas damkar butuh waktu lama untuk menjangkau titik api karena medan pegunungan yang sulit. Api baru dapat dikuasai petugas pada pukul 17.30 Wib. Sementara untuk titik api yang berada dilokasi¬† didepan SPN Saree masih dalam pemantauan petugas karena tidak dapat dijangkau,” tambahnya. (waspada.ic)

Berikan Komentar
  • Bagikan