Bupati Aceh Besar Bersama Kadiskes Bagikan Masker Untuk Jamaah Masjid

  • Bagikan
Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali didampingi Kadis Kesehatan Aceh Besar Anita SKm Mkes dan sejumlah pejabat lainnya membagikan masker kepada jamaah di Masjid Al-Faizin, Lampeneurut, Jumat (10/4). Berita Sore/H.Marwan Muhammad.
Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali didampingi Kadis Kesehatan Aceh Besar Anita SKm Mkes dan sejumlah pejabat lainnya membagikan masker kepada jamaah di Masjid Al-Faizin, Lampeneurut, Jumat (10/4). Berita Sore/H.Marwan Muhammad.


Aceh Besar (Berita) : Pemkab Aceh Besar bekerjasama dengan PMI, Bank aceh dan Dinas Kesehatan Aceh Besar membagi-bagikan masker secara gratis di sejumlah masjid kecamatan yang ada didaerah tersebut.

Pembagian masker gratis secara simbolis dilakukan Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali bersama jajaran Dinas Kesehatan dan relawan PMI Aceh Besar kepada para jamaah menjelang pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Besar Al-Faizin, Lampeneurut, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (10/4).

Menurut pantauan, satu persatu jamaah yang hendak memasuki masjid tersebut terlebih dahulu di tes suhu tubuhnya menggunakan Thermo Gun, kemudian diserahkan masker untuk dapat gunakan pada saat memasuki masjid setempat.

Disela-sela kegiatan tersebut, Bupati Mawardi Ali kepada wartawan menyatakan, penggunaan masker ini merupakan salah satu cara untuk mencegah dan menghindari penularan virus Corona (Covid-19), karena itu kepada para jamaah yang hendak memasuki masjid semuanya dibagikan masker dengan harapan masyarakat Aceh Besar dapat terhindar dari penyebaran pandemi ini.

​ “Upaya-upaya pencegahan virus corona ini terus kita lakukan, dan pada masyarakat yang terdampak Covid-19 juga pemerintah memperhatikannya,” ujar Maward Ali didampingi kadis Kesehatan Aceh Besar Anita SKm MKes dan Kabag Humas Muhajir SSTP MPA.

Mawardi Ali menegaskan, masyarakat Aceh tidak mungkin dilarang untuk shalat jumat, apalagi menutup mesjid, namun dalam kondisi darurat covid-19 ini tentu saja harus betul-betul dijaga agar tidak ada jamaah yang shalat jumat yang terinfeksi corona.

“Karena itu, setiap jamaah yang masuk kemesjid terlebih dahulu di cek suhu tubuhnya, kalau ada yang tidak sehat apakah itu gejala virus atau bukan, misalnya Pilek, Batuk, Demam. Bahkan pilek biasa kita sarankan untuk berobat terlebih dahulu dan tidak melaksanakan Shalat Jumat di Mesjid. Ini dilakukan demi kenyamanan bersama agar,” tegasnya.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Anita SKm Mkes menambahkan, pembagian masker yang dilakukan tersebut merupakan upaya tim gugus Covid-19 Aceh besar bersama PMI untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Aceh Besar.

“Ada sekitar 5.000 masker yang dibagikan hari ini di 5 mesjid di Kabupaten Aceh Besar, salah satunya di Mesjid Besar Al Faizin Darul Imarah ini, kita berharap semoga warga Aceh Besar tidak ada lagi yang terinfeksi virus Covid-19 ini,” ujar Anita.​

Menurutnya, untuk mencegah penyebaran covid-19 ini, masyarakat wajib menggunakan masker pada saat beraktivitas diluar, kemudian sering mencuci tangan setiap selesai melakukan kegiatan, juga melakukan phsycal distancing atau jaga jarak antara 1–2 meter dan menghindari keramaia.
​ “Pelaksanaan shalat jumaat ini merupakan kewajiban, tapi kita tetap berupaya untuk melakukan physical distansing, dan juga menggunakan masker,” demikian Anita.(Ril)

Berikan Komentar
  • Bagikan