2026 Tirtanadi Fokus Tekan Kehilangan Air Dan Tingkatkan Pelayanan

  • Bagikan
Dari kiri ke kanan: Kepala Sekper Perumda Tirtanadi, Nurlin, Dirut Perumda Tirtanadi Ardian Surbakti, Ketua Forwadi Ahmad Rivai Parinduri dan Bendahara Forwadi Hj Laswiyati Wakid pada pertemuan silaturahmi Forwadi dengan Direksi Perumda Tirtanadi di Aula lantai 4 Kantor Perumda Tirtanadi Jalan SM Raja nomor 1 Medan Kamis (18/12/2025). beritasore.co.id/ist

MEDAN (beritasore.co.id): Saat ini tingkat kehilangan air atau Non-Revenue Water (NRW) Perumda Tirtanadi mencapai 40 persen dan tergolong tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya sekira 28 persen.

“Untuk itu tahun depan kami fokus menekan tingkat kehilangan air tersebut juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Ardian Surbakti Kamis (18/12/2025).

Ardian berbicara pada pertemuan silaturahmi Forum Wartawan Tirtanadi (Forwadi) dengan Direksi Perumda Tirtanadi di aula lantai 4 Kantor Perumda Tirtanadi Jalan SM Raja nomor 1 Medan.

Saat itu, Ardian didampingi Kepala Sekretaris Perusahaan (Ka.Sekper) Perumda Tirtanadi Nurlin, Ketua Forwadi Ahmad Rivai Parinduri dan Bendahara Forwadi Hj Laswiyati Wakid.

Ardian mengakui saat ini tantangan terbesar Perumda Tirtanadi adalah tingginya tingkat kehilangan air. Di beberapa wilayah, angkanya bahkan mencapai sekitar 40 persen. “Ini menjadi fokus utama kami tahun depan untuk segera diturunkan,” tegasnya.

Menurutnya, banyak faktor penyebab tingginya tingkat kehilangan air antara lain pencurian air dan juga di perpipaan.

Ke depan segera dicari titik – titik kehilangan sekaligus meremajakan perpipaan dan meteran air. “Upaya tersebut akan dilakukan melalui langkah teknis dan non-teknis serta didukung keterbukaan informasi kepada publik,” ujarnya.

Ia menegaskan, seluruh jajaran direksi dan tim tengah menyiapkan berbagai langkah konkret guna mengatasi persoalan tersebut.

Selain pembenahan internal, Ardian juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan media dalam menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Kami sangat berharap bisa berkolaborasi dengan rekan-rekan wartawan. Media memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi yang benar, berimbang, dan membangun,” ucapnya.

Menurutnya, keterbukaan informasi menjadi kunci untuk mencegah kesalahpahaman di tengah masyarakat. Tirtanadi juga berkomitmen membuka ruang informasi seluas-luasnya agar masyarakat mendapatkan informasi yang tepat.

“Memberikan berita yang benar dan membenarkan berita yang ada,” katanya.

*Bencana Banjir

Terkait bencana banjir yang sempat melanda sejumlah wilayah, Ardian mengakui pelayanan air bersih sempat terganggu akibat terdampaknya beberapa instalasi pengolahan air yang terendam.

Banjir kemarin sempat mengganggu pelayanan karena ada instalasi yang terdampak. “Namun kami bergerak cepat agar pelayanan bisa kembali normal,” jelasnya.

Ke depan, Tirtanadi berupaya meningkatkan keandalan sistem pelayanan agar tetap berjalan meski di tengah kondisi cuaca ekstrem.

“Kami ingin memastikan pelayanan air bersih kepada masyarakat tetap berjalan dan tidak terlambat,” pungkasnya.

Sementara Ketua Forwadi, Ahmad Rivai Parinduri menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan sebagai ajang silaturrahmi terutama perkenalan dengan jajaran Direksi PDAM Tirtanadi dan diharapkan kegiatan seperti ke depannya perlu berkelanjutan.

Saat ini katanya, Dirut PDAM Tirtanadi telah berupaya melakukan pembenahan, sehingga setiap ada keluhan, Cabang PDAM Tirtanadi cepat menanggapinya.

“Hal tersebut merupakan suatu bagian terpenting dari pelayanan,” katanya. (wie)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *