Kades Persatuan Pimpin Gotroy Perbaiki Jalan Rusak

  • Bagikan
Kades Persatuan, Suganda turut bergotong royong menimbun jalan rusak dengan beskos bantuan warga. Beritasore/Paimin
Kades Persatuan, Suganda turut bergotong royong menimbun jalan rusak dengan beskos bantuan warga. Beritasore/Paimin

Asahan (Berita) : Pemerintah Desa Persatuan mengadakan gotong royong memperbaiki jalan rusak di Dusun II dan VI/VII Desa Persatuan, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, Jum’at (5/3/2021).

Gotong royong terbagi didua lokasi, yakni di Dusun II Desa Persatuan memperbaiki jalan rusak menuju Dusun I Desa Padang Mahondang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Persatuan, Suganda.

Sedangkan warga Dusun VI dan Dusun VIII melaksanakan gotong royong penimbunan jalan dipimpin oleh Kepala Dusun VIII, Katri.

Kepala Dusun VIII Desa Persatuan, Katri didampingi Rudi Wijaya salah seorang warga Dusun VI Desa Persatuan yang juga salah seorang anggota LSM Pijar Keadilan Kecamatan Pulau Rakyat mengatakan, gotong royong menimbun jalan ini dengan beskos dilaksanakan atas inisiatif warga setempat dan sudah mendapat persetujuan Kepala Desa.

“ Gotong royong di dusun VI dan VIII ini kita lakukan karena selama ini jalan menuju Masjid Al Maulhusna sulit dilalui kenderaan roda dua akibat rusak seoama musim penghujan beberapa bulan belakangan ini ” terang Katri.

Lebih lanjut Katri mengatakan, sejak jalan itu rusak dan sulit dilalui warga enggan datang ke Masjid Al Maulhusna, warga lebih memilih ke masjid lain meskipun jarak tempuh yang dilalui lebih jauh dan tidak adanya lampu penerangan jalan.

” Kita timbun dengan beskos jalan ini akan lebih kuat dan bisa kembali dilalui kenderaan dengan lancar.

Untuk lampu penerangan mudah-mudahan sebelum bulan ramadhan sudah kita pasang ” ujarnya.

Menurut Katri, jalan menuju Masjid Al Maulhusna dan menghubungkan jalan poros Dusun VIII itu sudah sering dilakukan gotong royong tetapi masih saja rusak, salah satu penyebabnya tidak ada parit disisi jalan.

” Meskipun ukuran badan jalan hanya sekitar dua meter tetapi masih ada sedikit lokasi untuk membuat parit kecil agar air tidak menggenangi badan jalan saat turun hujan” ujar Katri.

Hal senada disampaikan Rudi Wijaya, ia menambahkan beskos untuk penimbunan jalan sebanyak satu truk coldiesel merupakan bantuan seorang donatur dari warga setempat yang menginginkan jalan tersebut bisa dilintasi kembali oleh kenderaan roda bermotor.

” Kita kejar sebelum bulan ramadhan jalan ke Masjid Al Maulhusna Dusun VI harus sudah bisa dilewati, dan lampu jalan sudah ada sehingga tidak gelap gulita pada malam hari ” tandas Rudi.

Secara terpisah Kades Persatuan, Suganda yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, gotong royong ini merupakan kegiatan rutin setiap hari Minggu dengan melibatkan perangkat desa dan masyarakat dari semua dusun.

” Gotong royong memang difokuskan untuk memperbaiki jalan yang sudah banyak rusak akibat hujan yang melanda terus menerus beberapa bulan belakangan ini ” ungkap Suganda.

Menurut Kades kegiatan gotong royong secara rutin dilaksanakan setiap hari Minggu, tapi berhubung hari Minggu ini dirinya ada kepentingan mendesak maka dilakukan hari Jum’at.

Suganda memberikan apresiasi kepada seluruh warga Desa Persatuan yang telah kompak melakukan gotong royong, dan juga menyampaikan terimakasih kepada warga yang telah memberikan bantuan beskos guna penimbunan jalan di Dusun VI dan VIII yang selama ini kondisinya cukup memperihatinkan.

“ Semoga pelaksanaan gotong royong yang kita lakukan secara tulus dan ikhlas dapat manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dan menjadi amal Budi baik kita ” tandas Suganda. (min)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *