OJK Kembali Gelar Apresiasi Media Massa 2025

  • Bagikan
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar (tengah) didampingi Anggota Dewan Komisioner OJK lainnya bersama media pada acara Apresiasi Media Massa 2025 di Jakarta Selasa (2/12/2025). Berita Sore/ist

JAKARTA (Berita): Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menggelar acara Apresiasi Media Massa 2025 untuk memberikan penghargaan terhadap media massa yang berperan besar mengkomunikasikan program dan kebijakan OJK sebagai otoritas di sektor jasa keuangan.

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK – M. Ismail Riyadi dalam siaran persnya diterima melalui Kantor OJK Provinsi Sumatera Utara Rabu (3/12/2025) menyebut acara apresiasi itu digelar di Jakarta, Selasa (2/12/2025).

Dihadiri puluhan pimpinan, redaktur dan wartawan media massa nasional dan daerah bersama jajaran Dewan Komisioner OJK dan Kepala Kantor OJK Daerah.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada media massa atas peran dan kontribusinya dalam menyebarluaskan pemberitaan demi menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan melindungi masyarakat.

“Atas nama OJK, kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh Pemred, Redaktur dan insan media masa di nasional maupun di daerah,” kata Mahendra.

“Terimakasih atas seluruh liputannya, atas seluruh perhatiannya, atas seluruh pemberitaannya yang telah sangat membantu kami dan kita semua menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan melindungi masyarakat,” kata Mahendra.

Mahendra menekankan bahwa tugas OJK ke depan semakin berat dan semakin sulit untuk bisa dilaksanakan sesuai dengan ekspektasi semua pihak. Sehingga dukungan yang kuat dari media massa sangat diperlukan.

Selain itu, menurutnya media massa bisa semakin berperan sebagai duta literasi keuangan untuk membantu meningkatkan literasi, inklusi, dan pelindungan konsumen secara langsung di masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menyampaikan bahwa media massa memiliki peran penting dan strategis dalam mendukung pertumbuhan industri jasa keuangan dan pelindungan konsumen.

“Berbagai kegiatan dan kolaborasi OJK bersama dengan media, menjadi bukti bahwa upaya ini adalah perjalanan panjang kita semua, dan ke depan sinergi ini akan semakin penting, agar industri jasa keuangan kita bukan hanya sekedar tumbuh, tetapi juga tangguh, dipercaya dan memberikan manfaat bagi kemajuan Indonesia,” ujarnya.

Pemberian apresiasi OJK kepada media massa dinilai melalui jumlah pemberitaan positif terbanyak yang dibuat media massa mengenai OJK dan industri jasa keuangan dalam periode Oktober 2024 – September 2025.

Selain itu, OJK juga memberikan penghargaan kepada tiga Duta Literasi Keuangan Media Massa yang teraktif menjalankan perannya melakukan edukasi keuangan kepada masyarakat secara langsung ataupun melalui berbagai kanal komunikasi digital.

Dalam kesempatan itu juga diumumkan para pemenang lomba artikel jurnalis media massa OJK yang digelar sejak Agustus 2025 dan diikuti ratusan wartawan dari berbagai media massa di Jakarta dan daerah.

Daftar Penerima OJK Apresiasi Media Massa 2025. Media Cetak Nasional Terproduktif
Bisnis Indonesia dan Rakyat Merdeka.

Media Online Nasional Terproduktif Kontan.co.id dan Liputan6.com

Media Cetak Daerah Terproduktif: Wilayah Indonesia Bagian Barat Jawa Pos.
Wilayah Indonesia Bagian Timur Bisnis Bali

Media Online Daerah Terproduktif: Wilayah Indonesia Bagian Barat Pikiran-Rakyat.com
Wilayah Indonesia Bagian Timur Fajar.co.id

Majalah Terproduktif Infobank. Media TV Terproduktif CNBC Indonesia TV. Media Pemberitaan Foto Terproduktif
Bisnis Indonesia. Media Pendukung Kanal Informasi OJK Harian Kompas

Pemenang Lomba Penulisan Artikel Jurnalis:
Media Massa Nasional: Juara 1 Bagus Kasanjanu – Investortrust.id. Juara 2
Erika Kurnia – Harian Kompas, Juara 3
Fitriana Monica Sari – Validnews. Harapan 1
Romualdus San Udika – Stabilitas.id, Harapan 2 Fahmi Ahmad Burhan – Bisnis Indonesia, Harapan 3 Lona Olavia – Investortrust.id

Media Massa Daerah: juara 1 Imam Dzulkifli – Matamaros.com (Makassar). Juara 2
Lilik Darmawan – Media Indonesia (Puwokerto), juara 3 Sujarwo – Euforia.id (Jayapura). Harapan 1 Agustina – Pewarta.co (Medan) dan Harapan 2 Arvin Syahputra Nasution – ArmadaBerita.com (Medan).
Harapan 3 Achmad Fikyansyah – Times Indonesia (Surabaya)

Duta Literasi Keuangan Media Massa Terbaik
Terbaik 1 Ayyi Achmad Hidayah – CNBC Indonesia. Terbaik 2 Eduardo Hasian Simorangkir – Detik.com dan Terbaik 3
Lona Olavia – Investortrust.id. (wie)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *