Tim Penilaian Lomba TP PKK Sumut ke Asahan

  • Bagikan

ASAHAN (Berita): Tim Evaluasi Penilaian Lomba TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melakukan penilaian kepada Desa/Kelurahan yang mengikuti lomba tingkat TP. PKK Provsu yakni Desa Teluk Dalam, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Asahan.

Lomba Tertib Administrasi, Desa Sei Alim Kecamatan Air Batu lomba PAAR, Desa Aek Bange Kecamatan Aek Ledong lomba HATINYA PKK, Kelurahan Sentang Kecamatan Kota Kisaran Timur lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan UPTD Puskesmas Pulau Bandring lomba IVA Test, Rabu (12/06/2024).

Dalam evaluasi ini tim disambut hangat oleh Pemerintah Kabupaten Asahan dan TP. PKK Kabupaten Asahan dengan berbagai kegiatan.

Pada lomba Tertib Administrasi, Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan, kunjungan dari tim ini merupakan tindak lanjut dari penilaian Tim Supervisi yang dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2024.

Dumana lomba Tertib Administrasi PKK dapat nominasi masuk ke tahap monitoring. Kegiatan ini secara langsung mengukur kegiatan pelaksanaan 10 program pokok PKK yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Asahan.

Dengan sasarannya desa/kelurahan pelaksana Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Asahan.

Lebih lanjut Bupati berharap setiap kader PKK secara rutin melaksanakan pembinaan agar 10 program PKK dapat terealisasi dan terimplementasi di tengah masyarakat dan TP PKK di semua tingkatan dapat mengembangkan peran dan fungsi kelompok PKK dusun dan Kelompok Dasawisma.

“Karena di kelompok inilah sesungguhnya terletak keberhasilan gerakan PKK,” kata Surya.

Sementara Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, SSos, MSi pada lomba PAAR mengatakan, berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan pada tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten.

Ternyata Desa Sei Alim Hasak terpilih sebagai desa terbaik dalam pelaksanaan PAAR di Kabupaten Asahan pada tahun 2024 ini. Maka pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada OPD dan TP PKK Kabupaten Asahan yang telah membina dan memberi arahan kepada Kecamatan Sei Dadap dan Desa Sei Alim Hasak sebagai desa terbaik yang terpilih untuk mengikuti monitoring ini.

Kerja sama yang telah dibina antara masyarakat, aparat desa dan kecamatan serta TP PKK desa dan kecamatan semoga berbuah manis. Dengan hasil generasi anak bangsa yang berkualitas, bermartabat dan religious sesuai dengan vusi Kabupaten Asahan mewujudkan Asahan yang sejahtera, religius dan berkarakter.

Sedangkan Sekretaris Daerah Drs John Hardi Nasution, MSi pada lomba HATINYA PKK meminta kepada TP PKK Kecamatan Aek Ledong, TP PKK Desa Aek Bange, camat, kepala desa dan perangkat desa bersama dengan masyarakat desa agar lebih lagi dalam mengelola pemanfaatan lahan pekarangan sekitarnya.

Karena dengan memanfaatkan lahan pekarangan dapat mendatangkan berbagai manfaat.

“Teruslah berkarya dan berinovasi demi perwujudan pembangunan ke arah yang lebih baik lagi. Saya juga mengharapkan peran serta dari OPD pembina untuk tetap menjalin kerjasama dan terus mendukung Program kerja PKK,” kata John.

Pada lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Oktoni Eriyanto mengatakan, dengan adanya lomba program UP2K ini telah membantu mensukseskan program Provsu maupun Kabupaten Asahan.

Dimana masyarakat dapat meningkatkan usaha ekonomi keluarga, melalui usaha kelompok/perorangan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Oktoni juga berharap kepada Tim Monitoring TP PKK Provsu jika memungkinkan kami sangat menginginkan menjadi yang terbaik di Tingkat Provsu.

Untuk Asisten Administrasi Umum Drs. Muhilli Lubis pada lomba IVA Test mengucapkan terimakasih kepada TP PKK Kabupaten dan seluruh Kepala OPD, Camat Pulau Bandring, dan Kapus UPTD Pulau Bandring yang membina dan mendukung sepenuhnya kegiatan lomba IVA Tes ini.

Sebelumnya Pj Ketua TP PKK Provsu Ny Dessy Hasanuddin diwakili Ketua Tim Monitoring pada setiap lomba mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah dan TP PKK Kabupaten Asahan yang telah menyambut hangat Tim Monitoring TP PKK Provsu.

“Kami Tim Monitoring akan melakukan pengumpulan data dan pengukuran kemajuan kepada Desa/Kelurahan yang mengikuti lomba TP PKK Tingkat Provsu,” katanya. (min)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *