Pemkab Nias Terima Penghargaan Sertifikat Eliminasi Malaria Dari Kemenkes

  • Bagikan

NIAS (Berita): Wakil Bupati Nias Arota Lase menghadiri Puncak Peringatan Hari Malaria Sedunia Tahun 2024 yang bertempat di Ruang Auditorium Siwabessy Gedung Prof dr Sujud Kementerian Kesehatan RI Jalan HR Rasuma Said Blok X5 Kav 4-9 Jakarta Selatan. Jakarta Selatan Senin (24/6/2024).

Kabupaten Nias adalah salah satu dari 17 Kab/Kota yg mendapat sertifikat eliminasi malaria, karena berhasil (memenuhi syarat) mengendalikan malaria selama tiga tahun terakhir.

Pada acara tersebut ditampilkan profil dan banner Kabupaten/Kota penerima sertifikat eliminasi malaria.

Hari Malaria Sedunia diperingati setiap tanggal 25 April, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemahaman tentang penyakit malaria sebagai upaya melawan dan memerangi penyakit malaria.

Tahun 2024 ini Hari Malaria Sedunia mengusung tema ”Mempercepat Perang Melawan Malaria Untuk Dunia Yang Lebih Adil”, hal ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat pemahaman tentang malaria.

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Gejala yang akan muncul pada penderita malaria biasanya demam, menggigil, sakit kepala, pegal linu. Bahkan jika tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu, Menteri Kesehatan memberikan penghargaan berupa Sertifikat Eliminasi Malaria kepada Bupati/Walikota yang daerahnya telah memenuhi persyaratan eliminasi malaria.

Dalam hal ini, penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI Budi G. Sadikin kepada Wakil Bupati Nias Arota Lase, AMd. (KZ)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *