Ketua TP PKK Simalungun Resmikan Rumah Produksi Gula Semut

  • Bagikan

PEMATANGSIANTAR (Berita): Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga meresmikan Rumah Produksi Gula Semut yang berlokasi di Kelurahan Dalig Raya Kecamatan Raya, Simalungun, Sumut Jumat (21/6/2024).

Rumah Produksi Gula Semut tersebut merupakan Binaan TP PKK Kabupaten Simalungun bertujuan untuk mendukung program Pemkab Simalungun dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan pembangunan rumah produksi gula semut ini dilakukan dengan bekerjasama antara TP PKK Kabupaten Simalungun dengan PT. Bank Sumut Cabang Pematang Raya melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan bahwa, pembangunan Rumah Produksi Gula Semut ini juga dalam rangka mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Simalungun yakni “Rakyat Harus Sejahtera”.

Ratnawati berharap, keberadaan Rumah Produksi Gula Semut ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong masyarakat untuk semakin berusaha dan bekerja lebih giat.

“Ini merupakan komitmen TP PKK untuk marharoan bolon (bergotong royong) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini contoh nyata dan konkrit yang bisa kita adopsi atau tiru untuk nagori maupun kelurahan lainnya dengan jenis usaha dan kegiatan yang berbeda,” kata Ratnawati.

Selanjutnya, Ratnawati menyebutkan bahwa, Gula semut yang terbuat dari aren saat ini banyak peminatnya, karena sangat bermanfaat bagi kesehatan, artinya ini menjadi peluang dan potensi bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha gula semut ini.

“Doa kita bersama, semoga dengan adanya Rumah Produksi Gula Semut ini, masyarakat khususnya Industri Kecil Menengah (IKM) semakin maju dan dapat memperluas akses pasar serta promosi produknya,”kata Ratnawati.

Dalam kesempatan itu, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Ramadhani Purba membacakan Sambutan tertulis Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Ramadhani menyampaikan bahwa salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Simalungun adalah pemulihan ekonomi yang diharapkan pada perluasan kesempatan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat dan daya beli serta pengendalian inflasi.

Salah satu sektor unggulan Kabupaten Simalungun, Ramadhani mengatakan, adalah pengembangan sektor ekonomi IKM (Industri Kecil Menengah) yang memiliki peran yang sangat penting didalam mendukung perekonomian masyarakat hingga saat ini.

Tampak hadir antara lain, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Wasin Sinaga, Kadis Koperasi dan UKM Marulitua Tambunan, Kadis Kesehatan Edwin Tony SM Simanjuntak, Perwakilan Bank Sumut Cabang Pematang Raya, Forkopimca Raya, dan Pengurus TP.PKK Kabupaten Simalungun. (surati).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *