Giat Haroan Bolon Di Kecamatan Pematang Bandar Simalungun

  • Bagikan

SIMALUNGUN (Berita): Program gerakan Marharoan Bolon (gotong-royong) membangun Simalungun terus digaungkan di tengah-tengah masyarakat untuk menanggulangi berbagai permasalahan bagi masyarakat, tidak hanya untuk mengatasi infrastruktur jalan maupun jembatan akan tetapi program ini juga untuk memberikan pelayanan dan kegiatan sosial lainnya.

Program yang diinisiasi oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga itu mendapat respon positif dari seluruh elemen masyarakat sehingga warisan dari nenek moyang tersebut tetap lestari di tengah-tengah masyarakat.

Di Kecamatan Pematang Bandar, Marharoan Bolon dirangkai dengan kegiatan silahturahmi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun dengan masyarakat Kecamatan Bandar, Sumut, Senin (8/7/2024).

Giat Marharoan Bolon di Kecamatan Pematang Bandar yaitu mengatasi tanggul irigasi jebol sepanjang lebih kurang 15 meter dari Nagori Bandar Manis menuju Nagori Talun Madear.

Menurut Camat Pamatang Bandar Pahot H Siregar jebolnya irigasi tersebut akibat gerusan air sehingga memutus aliran air untuk persawahan sekitar 250 hektar.

“Kita bersama masyarakat telah melakukan penanganan sementara untuk mengatasi tanggul irigasi yang jebol tersebut dengan menggunakan karung berisi tanah dan kayu untuk menahan karung tanah,” kata Pahot dalam laporannya.

Pahot juga mengatakan bahwa, pihaknya telah melaporkan kepada Pemkab Simalungun agar tanggul irigasi yang jebol tersebut dapat segera ditanggulangi.

Dalam kegiatan silahturahmi, Bernard Z Sinaga selaku tokoh masyarakat berharap untuk membersihkan perhatian dan segera memperbaiki irigasi yang jebol.

“Kami mohon kepada bapak Bupati Simalungun untuk segera memperbaiki irigasi kami yang jebol, supaya air masuk ke persawahan kami pak,” pinta Bernard.

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintah dan Kesra Albert Saragih menyampaikan apresiasi kepada masyarakat kecamatan Pamatang Bandar yang sangat antusias mendukung program marharoan bolon membangun Simalungun.

“Mari untuk lebih semangat lagi dalam membangun nagori/kelurahan kita masing-masing dan sama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” ajak Bupati.

Bantuan masyarakat secara swadaya berupa material, fasilitas sarana mesin, tenaga suka rela dan pelaku usaha sangat berguna dan bermanfaat dalam kegiatan ini.

Mari kita sukseskan gerakan marharoan ini. Berbakti dan bekerjalah dengan hati yang tulus dengan semangat gerakan marharoan bolon untuk membangun Simalungun yang lebih sejahtera.

Pemkab Simalungun siap untuk memberikan bantuan berupa fasilitas sarana mesin, tenaga operator dan tenaga teknis sebagai bentuk dukungan dalam kegiatan Marharoan Bolon ini.

Kegiatan silahturahmi ini diwarnai dengan pemberian bantuan kepada masyarakat dari Pemkab Simalungun. Pemkab Simalungun melalui Dinas Dukcapil juga menggelar pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

Disamping itu juga Pemkab Simalungun melalui Dinas Kesehatan melaksanakan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat. (surati).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *