Psikologi USM Indonesia Berperan Cetak Lulusan Berkompetensi

  • Bagikan
Mahasiswa Psikologi USM Indonesia foto bersama Ka.Prodi S1 Psikologi, Sinarsih Meliala SPsi MPsi pada satu kesempatan kegiatan di kampus tersebut di Jalan Kapten Muslim Nomor 79 Medan. beritasore/ist

MEDAN (Berita): Kompetensi lulusan psikologi kian dibutuhkan dunia kerja, karena sebagian besar bidang pekerjaan membutuhkan peran lulusan psikologi.

Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia yang merupakan Perguruan Tinggi Swasta di Sumut di bawah kepemimpinan Rektor Dr. Ivan Elisabeth Purba M.Kes turut berperan mencetak lulusan Psikologi yang berkompetensi, unggul, berkarakter dan berdaya saing global.

Program studi Psikologi ini merupakan satu dari 24 prodi USM Indonesia yang berada di
bawah Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan (FFIKES).

Dekan FFIKES USM Indonesia, Taruli R Sinaga SP MKM PhD menyebutkan, prodi psikologi yang fokus pada ilmu perilaku dan mental manusia ini memiliki keterampilan yang dibutuhkan banyak tempat kerja, baik perusahaan swasta, sektor industri maupun instansi pemerintah.

Menurutnya, prospek terhadap lulusan S1 prodi ini terdapat beberapa pilihan karir yang dibutuhkan di mana saja, antara lain human resources atau HRD, konselor, recruiter dan assessor maupun analisis data dan kemampuan lakukan skoring alat tes.

“Demikian pula halnya dengan instansi pemerintah. Bahkan pada CPNS 2023 ini, cukup banyak formasi dibutuhkan untuk kualifikasi S1 Psikologi,” kata Taruli didampingi Ka.Prodi S1 Psikologi, Sinarsih  Meliala SPsi MPsi di kampus tersebut di Jalan Kapten Muslim Nomor 79 Medan, Rabu (7/6/2023).

Taruli menjelaskan, prodi S1 Psikologi USM Indonesia dibuka pada 2013 memiliki visi menjadi program studi psikologi yang unggul, berkarakter dan berdaya saing global, khususnya bidang psikologi kesehatan.

Ia mengungkapkan, lulusan Psikologi USM Indonesia dibekali dengan kemampuan menggunakan, memahami dan melakukan skoring terhadap alat tes.

Menurutnya, keunggulan ini yang membedakan Psikologi USM Indonesia dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya.

“Selain itu kita juga memiliki keunggulan dengan pencirian Psikologi Kesehatan.

Tapi secara umum kepentingan yang dibutuhkan di dunia industri itu tetap kita berikan, sehingga ketika lulus mereka punya kemampuan di bidang itu.

Jadi saat dibutuhkan ahli khusus Psikologi Kesehatan, kita punya,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, prodi Psikologi ini sedang progress untuk diberi akreditasi melalui Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi atau BAN PT.

Demikian pula terus menjalin kerjasama dengan asosiasi-asosiasi dari psikologi.

Ka.Prodi S1 Psikologi, Sinarsih  Meliala SPsi MPsi, Psikolog menambahkan, dalam mewujudkan visi USM Indonesia ada empat misi program studi, antara lain menyelenggarakan pendidikan efektif yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, berbudaya, berkarakter dan berdaya saing dengan kompetensi lulusan sesuai dengan level 6 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

KKNI level 6 ini meliputi aspek kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan sikap dan tata nilai.

Selain itu menyelenggarakan penelitian ilmiah yang berkontribusi dalam memberikan solusi atas berbagai persoalan di masyarakat serta perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu psikologi.

Pihaknya juga melaksanakan pengabdian masyarakat untuk memberi pemahaman dan alternatif penyelesaian masalah terkait bidang psikologi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Disebutkannya, pada pengabdian masyarakat pernah dilakukan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Medan dengan tema kegiatan “ Pelatihan, Keterampilan dan Edukasi Kesehatan Kader POSYANDU Bagi Anak Didik Pemasyarakatan”.

Menurutnya, ini merupakan salah satu bentuk pengembangan dari kerja sama Kanwil Kementerian Hukum Dan Hak Azasi Manusia Sumut dengan USM Indonesia dan Pengabdian Masyarakat di Desa Jaring Halus di Langkat.

Selain itu juga kerja sama dengan mitra, baik dalam maupun luar negeri.

Mahasiswa Psikologi USM-Indonesia, sebutnya aktif dalam berbagai kegiatan di dalam maupun di luar kampus.

Bahkan banyak yang berprestasi di tingkat lokal dan nasional, baik prestasi akademik maupun non akademik.

Prestasi mahasiswa psikologi di tingkat nasional di antaranya: lolos dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II Tahun 2021 atas nama Kristina dan Lasminola Manik.

Program Kampus Mengajar 4 tahun di 2022 dimana ada 4 mahasiswa yang lolos yaitu: Nofaldin Putra Lase, Siti Wahyuni Pane, Tria Mutiara Amanda dan Yurdis Nias Sari Haria.

Kemudian lolos dalam Program Kampus Mengajar 5 sebanyak 5 orang yaitu: Gloria Debora Hura, Erika Girsang, Anselma Saota, Visi Jaya S Laia dan Bernadwati Zai.

Sinarsih juga menyebutkan keunggulan mahasiswa prodi Psikologi USM Indonesia dengan mahasiswa lainnya yaitu mahasiswa lebih ekstra dalam memahami kondisi kepribadiannya dan lingkungan sekitarnya.

Demikian pula mahasiswa diajarkan mengenai teori kepribadian, teori perkembangan, dan tentang emosi.

“Ini dapat membantu mahasiswa untuk memahami siapa dirinya sebelum mahasiswa melakukannya  terhadap orang lain,” ujarnya.

Sinarsih juga menyebutkan, USM Indonesia melakukan sosialisasi program  mahasiswa peduli stunting atau PENTING selama 2 hari pada 29 dan 30 Mei 2023 bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Dijelaskannya kegiatan ini merupakan program pemerintah yang dilakilan secara nasional di seluruh Indonesia.

Pada program PENTING ini mahasiswa peduli dalam upaya mendampingi keluarga berisiko, calon pengantin, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Melalui sosialisasi itu, katanya diharapkan mpencegahan stunting bagi masyarakat sekaligus membantu program pemerintah dalam mengedukasi masyarakat akan resiko stunting dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Untuk mewujudkan Visi prodi Psikologi, mahasiswa mendapatkan pembelajaran diantaranya tentang Psikologi Kesehatan, Psikologi Klinis, Kesehatan Mental, Intervensi Psikologi Sosial, Psikologi Abnormal.

Mereka dididik para dosen berkompeten lulusan dari Universitas Gadjah Mada dan Universitas Pajajaran Bandung dan beberapa perguruan tinggi terkemuka lainnya.

Berkat kualitas pendidikan yang baik, alumni Psikologi USM Indonesia ada yang bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rumah Sakit, Aparatur Sipil Negara dan bekerja di berbagai perusahaan serta guru Bimbingan dan Konseling di sekolah-sekolah.

Menurutnya, psikologi itu penting bagi kesehatan karena orang sakit tidak selalu diawali dengan gangguan fisik tapi bisa juga dari psikis atau psikologis lalu mempengaruhi fisik.

Perlu diketahui selain  Program Studi Psikologi,
USM Indonesia selain memiliki prodi Psikologi juga prodi jenjang Diploma-3, Strata-1, Profesi hingga Strata-2.

Pada program Diploma-3 meliputi Kebidanan, Keperawatan, Teknologi Laboratorium Medis, Analisa Farmasi dan Makanan serta Teknologi Elektro Medis.

Program Studi Strata-1 meliputi: Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Kebidanan, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Perpustakaan dan Sains  Informasi, Hukum, Sistem Informasi (Komputer), Kimia, Pendidikan Guru PAUD dan Pendidikan Guru SD.

Program Profesi terdiri Pendidikan Profesi Ners, Pendidikan Profesi Bidan dan Pendidikan Profesi Apoteker. Sedangkan untuk Program Studi Strata-2 terdiri Kesehatan Masyarakat dan Manajemen. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *