Indosat Sasar Daerah Wisata Sumut

  • Bagikan
VP Head of Technology Sumatera IOH, Irvan Kurniawan berbicara kepada wartawan pada media gathering Indosat di hotel Labersa Minggu (15/6/2025). Berita Sore/laswie wakid

SAMOSIR (Berita): Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) terus memperkuat jaringan di Sumatra Utara, khususnya di kawasan pariwisata seperti Samosir untuk mendukung program pengembangan wisata pemerintah sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat dan keinginan perusahaan menjadi telekomunikasi digital yang semakin dipilih di Indonesia.

VP Head of Technology Sumatera IOH, Irvan Kurniawan, mengatakan, IOH sangat menyadari kebutuhan informasi dan teknologi khususnya di kawasan pariwisata sehingga IOH melalui brandnya IM3 dan Tri terus memaksimalkan layanan.

“IOH terus melakukan ekspansi jaringan,
teknologi dan termasuk distribusi produk,” katanya saat ditemui di acara Media Gathering Indosat, di Samosir, Sumut, Minggu (15/6/2024).

Dia menjelaskan, ekspansi jaringan dilakukan dengan melakukan review terus menerus dan termasuk masukan dari berbagai pihak.

“Untuk wilayah pariwisata di kawasan Toba, meski belum 100 persen tetapi jaringan di Ambarita sampai Pangururan Alhamdulillah cukup baik. Bahkan saya cek dari data pengukuran kami, kondisi jaringan di Samosir sangat perfect, ” katanya.

Head of Sales IM3 Northern Sumatera, Pramana K Tarigan menjelaskan komitmen dukungan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) terhadap program pemerintah seiring dengan perluasan penguatan jaringan di hampir semua daerah.

Dia menegaskan, kalaupun ada gangguan, karena kondisi geografis di lokasi tertentu dan biasanya teratasi segera.

“Yang pasti ekspansi dilakukan terus secara general dengan tentunya mempertimbangkan populasi dan pergerakan di masing-masing kawasan,” ujar Irvan.

Pastinya, kata dia, IOH berupaya maksimal bagaimana menghubungkan antardaerah dan pulau dengan interkoneksinya

Misalnya, bagaimana perangkat di Samosir bisa terkoneksi dengan di Medan.

“Peningkatan jaringan merupakan komitmen perusahaan dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia termasuk di wilayah Sumut,” katanya.

Sejalan dengan peningakatan jaringan, Indosat juga memperkuat ekspansi pemasaran produknya.

Tarigan, menyebutkan, peningkatan pemasaran produk dilakukan di semua kawasan termasuk daerah pariwisata seperti Samosir bahkan ke daerah 3 T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

“Langkah itu sebagai komitmen dukungan IOH terhadap program pemerintah seiring dengan perluasan penguatan jaringan di hampir semua daerah,” katanya.

Tarigan menyebutkan, untuk mendukung peningkatan penjualan produk, maka indosat terus juga menambah partner / mitra.

Kerja sama khususnya dilakukan di kawasan tertentu yang jauh dari kota.

D kawasan Toba, misalnya sudah ada dua mitra Indosat, masing -masing satu mitra Tri di Tomok dan satu mitra IM3 di Pangururan.

“Keduanya dengan kekuatan sales dan customer servicenya sendiri siap mempromosikan dan melayani kebutuhan konsumen,” ujarnya.

Dia menyebutkan, secara total di Sumatra Utara, IOH memiliki 100 Mitra IM3 dan 77 Kios Tri.

“Selama ini pelanggan di kawasan wisata Danau Toba dan Samosir berafiliasi ke Pematangsiantar. Sekarang sudah bisa ditangani dua mitra tersebut,” katanya.

Adapun karakter pelanggan IM3 dan Tri di Samosir, kata dia, cukup unik.

Seperti paling laris dengan pembelian kuota besar dan berlangganan secara bulanan.

“IOH juga terus berinovasi dalam strategi pemasarannya untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan pengalaman pelanggan,” ujarnya.

Strategi Indosat Pertahankan Pelanggan Loyal

Pada kesempatan yang sama, VP Head of Own Base Management Sumatera IOH, Maulana Muzaqi, menambahkan, pihaknya terus mempertahankan pelanggan agar tidak beralih ke yang lain.

Dia menyebutkan, pelanggan IOH yang loyal untuk produk IM3 dan Tri semakin banyak.

Oleh karena itu, diperlukan terus meningkatkan aspek-aspek marketing, produk, promotion dan distribusi.

“Ke depan sudah jadi AI Company dan kita lihat karakteristik pelanggan seperti apa. Butuh kuota kecil atau pelanggan platinum. Jika kita pahami karakteristik pelanggan maka pelanggan akan tetap awet di IOH,” ujarnya.

Dia menyebutkan, memang ada pelanggan yang ingin mencoba provider lain, tetapi mereka lebih membeli ponsel baru karena tidak mau melepas produk IOH.

Sinyal yang stabil terutama di kawasan Kecamatan Pangururan inilah yang menjadi alasan Anita Marta Tambunan memilih produk Indosat sebagai penyedia jasa internet.

“Aku butuh internet biasanya untuk nonton dan media sosial. Jadi kalau sinyalnya lelet, tentunya mengganggu,” kata Anita yang bekerja di bidang perhotelan di Samosir.

Berdasarkan catatan. di Sumatera Utara, Indosat memiliki lebih dari 20 ribu BTS 4G.

Indosat juga telah membangun 2.742 BTS di seluruh wilayah Sumatera Utara untuk memperluas jangkauan layanan.(wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *