BI Fasilitasi Lebih 300 UMKM Unggulan Promosi Di Website KKSU 2024

  • Bagikan
Berita Sore/ist Muara Humbahas, salah satu video destinasi wisata yang ditampilkan di e-cataloque KKSU 2024.

MEDAN (Berita): Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara turut memfasilitasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mempromosikan produk unggulannya secara online melalui website Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 – Pameran UMKM Unggulan (karyakreatifsumut.com).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Yura Djalins mengatakan hal itu kepada wartawan pada acara Bincang Bareng Media (BBM) di Kantor BI Sumut Jalan Balaikota Medan Senin (29/7/2024). Saat itu Yura bersama Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Suharman Tabrani dan Advisor Iman Gunadi.

Yura memaparkan lebih dari 300 UMKM unggulan di Sumatera Utara terdaftar pada e-catalogue KKSU 2024. Di e-cataloque itu memuat beragam jenis produk unggulan UMKM Sumut seperti kuliner, kerajinan ulos, batik, dan sebagainya. Semua hal yang berkaitan dengan UMKM ada di sana dimana sebagian besar binaan BI.

“Tinggal mencari apa yang mau, makanan, minuman, sandang, pangan dan banyak lagi. Ini berkaitan dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia atau GBBI,” kata Yura.

Selain produk UMKM, Yura mengatakan di e-cataloque KKSU itu juga ada info tentang destinasi wisata di Sumut. Sedangkan Ini berkaitan dengan program Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI).

Di e-cataloque KKSU 2024 itu ditampilkan promo wisata yang mungkin masih banyak masyarakat belum tahu. Sebutlah wisata Bakar Tipang, Megalitik Tundrumbaho, Muara Humbahas, Lubuk Kertang, Pasar Kamu, Istana Maimun, Namo Sira-sira, Sigale-gale Samosir, Gereja Velangkanie, Sungai Bekancam, Air Terjun Sipiso-piso dan Bukit Lawang.

“Setiap detail wisata itu dibuat keterangannya sehingga masyarakat yang melihat tentang sejarah wisata tersebut,” ungkap Yura.

Menurutnya, KKSU merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GGBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI). “Pada tahun ini, Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager GBBI dan GBWI 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Istana Maimun & Delipark Mall yang
diselaraskan dengan HUT Kota Medan ditutup dengan BMPD Medan Run 2024,” katanya.

GBBI dan GBWI di Sumatera Utara dikemas dalam acara “Karya Kreatif Sumatera Utara” dengan tema “Rap Pamajuhon Sumatera Utara” (bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan
investasi) yang berlangsung 3-7 Juli 2024 di Istana Maimun Medan (pembukaan) plus pameran produk UMKM dan selanjutnya di Podomoro Medan.

“Kami akan terus mendorong produk unggulan UMKM juga mengangkat destinasi wisata Sumut. Kami kerja sama dengan
brands GBBI GBWI Sumut yakni Telkom, Shopee, Gojek, Grab, Blibli, Tokopedia, Bank Sumut, BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri,” ujar Yura.

Peningkatan Jumlah UMKM Onboarding
Target Nasional 30 juta UMKM (2024).
Peningkatan transaksi penjualan UMKM
target Rp50 miliar di Sumut. Sedangkan Bangga Berwisata di Indonesia Aja
1,25 – 1,5 miliar perjalanan (wisnus)
14,3 juta perjalanan (wisman).

Yura menyebut KKSU juga dirangkaikan dengan North Sumatra Invest (NSI) Day yang merupakan Ajang Pameran Investasi Di Sumatera Utara. Adapun beberapa program strategis yang akan didorong lewat KKSU dari hulu dan hilir adalah untuk mendukung afirmasi belanja produk dalam negeri serta mendukung peningkatan jumlah UMKM Onboarding.

“Kegiatan ini sebagai upaya mendorong pertumbuhan dan inklusi ekonomi di Indonesia dan Provinsi Sumatera Utara Khususnya,” jelas Yura. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *